Assalamualaikum wrwb.😇
Pada kegiatan berbagi dan berkolaborasi kali ini, Saya menjadi narasumber berbagi praktik baik terkait inovasi pembelajaran berbasis TIK dengan judul Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Berpusat pada Murid "PEMANTIK MIMPI".
Pada kegiatan ini yang menjadi Master of Ceremony adalah Ibu Hauzana M, S.Pd. yang merupakan Wakil Kepala SMAN 1 Payung Sekaki bidang Kurikulum. Beliau memandu acara dengan baik di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Sumatera Barat yang dipimpin oleh Ibu Wilda Febrianti. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan Al - Quran dan doa oleh Bapak Isma Yulindra, S.Pd.I selaku guru PAI SMAN 1 Payung Sekaki. Acara selanjutnya adalah kata sambutan dari Ibu Dra. Rina Syaftiyani selaku Kepala SMAN 1 Payung Sekaki. Beliau berharap dengan adanya kegiatan berbagi praktik baik bersama rekan - rekan guru perwakilan SMA se-Kabupaten Solok akan memberikan dampak yang positif dan dapat diimbaskan ke sekolah masing-masing.
Selanjutnya, kata sambutan sekaligus membuka acara oleh Bapak Eko Gunanto, S.Pd. selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Solok Raya. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan berbagi praktik baik ini karena menurut beliau, biasanya kegiatan ini dilakukan secara daring, namun kali ini dikemas secara berbeda yakni secara luring dan mengundang perwakilan guru SMA se-Kabupaten Solok bersama Kepala Sekolah dan pengawas. Beliau berharap bahwa guru di Kabupaten Solok terus mengembangkan potensinya dan tetap ikut aktif dalam mengikuti dan mensukseskan program pemerintah, yakni kegiatan PembaTIK ini.
Setelah dibuka oleh Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Solok Raya, acara kemudian dimoderatori oleh salah satu guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Payung Sekaki, yakni Ibu Refni Zarti, S.Pd. Beliau memoderatori acara praktik baik dengan sangat apik. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi berbagi praktik baik inovasi pembelajaran berbasis TIK oleh Saya sendiri. Agenda diawali dengan ice breaking menggunakan platform digital Mentimeter untuk mengetahui perasaan peserta hari itu. Selanjutnya, Saya mengajak peserta menyanyikan bersama lagu Pembelajaran Berdiferensiasi dengan irama potong bebek angsa. Setelah itu, Saya meminta peserta untuk menginstal aplikasi SAC versi 3.2.0 agar nanti pada sesi praktik membuat MPI sederhana para peserta telah memiliki aplikasi, mengingat besar ukuran aplikasi SAC yang cukup besar akan memakan waktu untuk proses penginstalan dan mengefektifkan waktu.
Acara selanjutnya, Saya memaparkan seluruh materi yang Saya muat dan implementasikan dalam praktik baik Saya di kelas. Mulai dari model pembelajaran SOLE, beberapa platform digital yang Saya gunakan selama proses pembelajaran (Mentimeter, Quizziz, dan Wheel of Names). Saya juga menjelaskan tentang multimedia pembelajaran interaktif (MPI) yang Saya terapkan dalam pembelajaran. Mulai dari pengertian MPI, aplikasi atau platform digital apa yang dapat digunakan dalam pembuatan MPI. Aplikasi atau platform digital apa saja yang dapat digunakan dalam pembuatan aset MPI. Kemudian, Saya menjelasakan tentang apa saja hal yang perlu diperhatikan selama pembuatan MPI dan langkah-langkah pembuatan MPI.
Setelah menjelaskan materi dengan rinci. Kemudian moderator acara mempersilakan peserta untuk bertanya.
Pertanyaan 1 : Apakah narsumber bersedia jika suatu waktu dihubungi secara pribadi untuk menanyakan hal terkait kegiatan pembaTIK dan tutorial membuat MPI secara detail lagi.
Jawaban 1 : Dengan senang hati Saya akan mengusahakan waktu untuk membantu dan berbagi informasi apapun yang bapak/ibu butuhkan terkait pembuatan MPI ini.
Pertanyaan 2 : Adakah MPI yang tidak perlu menggunakan jaringan internet? Dan bagaimana kalau ingin menggunakan MPI tapi tidak punya jaringan internet di sekolah?
Jawaban 2 : Bapak/Ibu bisa menggunakan Powerpoint untuk membuat MPI sederhana. Tapi, Bapak/Ibu harus memastika bahwa MPI berupa PPt tersebut dapat digunakan maksimal oleh siswa melalui gawai ataupun laptop tanpa jaringan internet. Selain itu, MPI yang berbasis web bisa digunakan di mana saja. Bapak/Ibu jika ingin menggunakan MPI berbasis web, maka Bapak/Ibu bisa menjadikannya projek untuk siswa sehingga mereka bisa mengaksesnya di tempat yang ada jaringan internet.
Setelah memasuki waktu Shalat Jumat, agenda berbagi praktik baik kemudian diistirahatkan dan dilanjutkan kembali pukul 13.00 sampai dengan 15.00 WIB.
Agenda selanjutnya adalah praktik pembuatan MPI sederhana. Dalam kesempatan ini Saya mempraktikkan pembuatan aset untuk mengisi MPI yang akan dibuat. Mulai dari membuat tombol navigasi dan materi dengan menggunakan Canva atau mengunduhnya melalui laman flaticon.com, mengunduh backsound dari pixabay.com, membuat suara AI dengan ElevenLabs, kemudian memperkenalkan menu-menu yang ada pada aplikasi Smart Apps Creator (SAC 3).
Setelah itu, Saya meminta peserta mengikuti langkah-langkah yang Saya tunjukkan tentang bagaimana menghilangkan tombol Home di awal, cara memasukkan video bumper PembaTIK agar terputar otomatis, cara memberikan interaksi pindah halaman atau slide, cara mengaktifkan dan menonaktifkan suara, tips dan trik bagaimana agar muatan file pada MPI tidak berat untuk dibuka, cara memberikan Hotspot untuk beberapa item yang butuh interaksi, dan interaksi lainnya yang ada di SAC 3.
Peserta dengan sabar dan ulet melakukan praktik pembuatan MPI sederhan ini dan sangat penasaran untuk mempelajarinya. Namun, mengingat kondisi tempat tinggal peserta yang jauh dari Pyung Sekaki dan waktu yang tidak mencukupi, maka agenda berbagi praktik baik diselesaikan pukul 15.00 WIB. Dengan semgat dan antusias para peserta mengumpulkan nomor handphone agar Saya membuatkan grup untuk agenda ini agar dapat berbagi dan berkolaborasi di lain waktu. Lelah dan usaha Saya terbayar ketika para peserta bahagia berhasil melakukan step by step langkah pembuatan MPI sederhana ini #BLPTKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2024 #SahabatTeknologiKemendikbudristek #PaltformMerdekaMengajar
Saya memperoleh respon dan apresiasi positif terkait pelaksanaan kegiatan berbagi praktik baik ini yang membuat Saya meskipun nanti tidak ditakdirkan masuk ke 5 besar Sahabat Teknologi Provinsi, Saya akan tetap menyebarluaskan ilmu yang Saya peroleh selama mengikuti kegiatan PembaTIK tahun 2024 ini.
Berikut adalah Dokumentasi singkat Kegiatan 6 berbagi dan berkolaborasi.
Kemudian, ini adalah Flyer untuk Kegiatan 6 ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar